Minggu, 14 Juni 2020

Sambal KlotokKU, Sambal Khas Kota Surabaya


sambal matah,sambal terasi,sambal bawang,sambal,sambal bu rudy,sambal geprek,sambal tomat,sambal teri,sambal bajak,sambal terong,sambal kecap
Meski baru memulai usahanya dua bulan terakhir ini, cita rasa dari sambalnya jangan diragukan lagi. Pedas, asin, dan gurih berpadu menjadi satu. Luar biasanya, sambal bermerek Sambal KlotokKU ini dibuat dari racikan tangan seorang Karyawati yang terkena dampak Pandemi Covid-19 sehingga ia harus rela untuk dirumahkan sementara dari tempat bekerjanya. Karyawati tersebut bernama Novia Mirah Yanti, karyawati yang dulunya bekerja pada perusahaan swasta di kota Surabaya. Dari kedua tangan gadis cantik ini, Ikan Klotok bisa disulapnya menjadi Sambal Klotok yang memilik cita rasa yang Unik sekali.Rasa Pedasnya sangat pas, cocok menjadi teman makan nasi putih hangat.

Saat memulai proses pembuatan Sambal KlotokKU, keDua tangan gadis cantik yang akrab dipanggil dengan Novi itu begitu cekatan dan terampil saat "memenggal" kepala ikan klotok atau ikan asin tersebut. Setelah itu, dengan cepat ia membelah badan ikan yang berukuran cukup besar tersebut menjadi dua, kemudian ia mulai mencabuti duri-durinya. Ekor ikan yang tajam pun tak luput dari pisau tajam. Ia sangat terampil sekali dalam mengayunkan pisau dapurnya.

ikan klotok,ikan klotok adalah,ikan klotok sambal,ikan klotok pedas,ikan klotok bakar,ikan klotok wikipedia,ikan klotok goreng,ikan klotok untuk ibu hamil,ikan klotok segar,ikan klotok itu apa
Ikan Klotok
Untuk memastikan daging ikan tidak lagi bercampur dengan duri, Karyawati yang telah dirumahkan tersebut kembali mengecek dengan teliti. Tiap bagian dirabanya perlahan - lahan. Dengan begitu, duri yang masih tersembunyi bisa terasa dan bisa langsung dihilangkannya. Setelah yakin semua duri telah hilang, Novi –sapaan akrabnya– kembali memotong - motong ikan klotok menjadi kecil - kecil kisaran 1 - 2 centimeter. Kemudian, Gadis berusia 23 tahun itu mulai merajang bawang putih dan bawang merah.

BACA JUGA :
Sambal - Sambal Bercita Rasa Khas Nusantara yang Enaknya Bikin Nagihi,
Tips Sukses Bisnis Camilan Kemasan Kiloan yang Gurih dan Renyah
Kerupuk Marizza, Beda Dari Kerupuk Lain...!

Selain 5 kilogram ikan klotok sebagai bahannya, komposisi dari Sambal KlotokKU yang lain adalah bawang merah dan bawang putih masing-masing 1 kilogram. Ditambah lagi 2 kilogram cabai rawit, serta daun bawang merah juga minyak goreng sekitar 3 liter.

Saat minyak goreng sudah panas, pertama kali yang dimasukkan adalah batang daun bawang,’kata gadis asli kota Pahlawan itu'. Ketika sudah berubah warna, semua bahan dicampurkan secara bergiliran. Mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, hingga ikan klotok yang telah dipotong kecil - kecil tadi. Terakhir, daun bawang merah. Tidak perlu ditambah garam lagi karena ikan klotok sudah terasa asin. Bahan yang sudah dimasukkan semua itu diaduk-aduk hingga benar-benar matang. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam. Jika tidak matang betul, sambal klotok tidak bisa tahan lama, karena proses pengolahan sambal KlotokKU tidak menggunakan bahan pengawet. Satu-satunya cara agar sambal klotokKU bisa bertahan lama adalah proses memasaknya yang sempurna. Komposisi yang pas antara bahan dan minyak juga sangat memngaruhi kualitas dari sambalnya.

Sambal yang telah matang tidak bisa langsung disimpan dalam toples berukuran 150 gram. Harus menunggu sampai benar-benar dingin baru dimasukkan ke dalam toples agar kualitas dan tahan lama. Produksi sambal klotokKU awalnya hanya untuk memenuhi permintaan dari teman - temannya saja. Dalam waktu singkat, cita rasanya yang unik ini mulai diperkenalkan ke akun sosial medianya. Ternyata banyak teman - temannya yang ketagihan setelah mencicipi sambal buatannya. Alhasil, permintaan pun mulai berdatangan. Kemasannya yang praktis dan mudah dibawa sebagai bekal saat pergi, serta harga yang sangat terjangkau, menjadikan sambal KlotokKu sering digunakan sebagai oleh-oleh khas kota Surabaya.

Untuk Info Pemesanan bisa langsung klik di SINI..



sambal matah,sambal terasi,sambal bawang,sambal goreng,sambal kacang,sambal geprek,sambal roa,sambal ayam bakar,sambal ayam geprek,sambal andaliman,sambal ayam goreng,sambal ayam penyet,sambal ati,sambal abc,sambal ayam pop,a sambalpuria,a sambalpuria babu,a sambalpuri song,a sambalpuri video,a sambalpuri babu,a sambalpuri dj,a sambalpuri gita,a sambalpuri dj song,sambal bajak,sambal bu rudy,sambal bakso,sambal balado,sambal baby cumi,sambal bangkok,sambal botol,sambal b,sambal b inggrisnya,b inggris nya sambal,sambalpur b.ed college,sambalpuri b,sambalpur b tech college,sambalpur b.ed,sambalina b,sambal cumi,sambal cabe ijo,sambal cumi asin,sambal cireng,sambal cakalang,sambal cilok,sambal cabe hijau,sambal cap jempol,ss sambal,ss sambal menu,ss sambal terdekat,ss sambal bandung,ss sambal stroem pekalongan jawa tengah,ss sambal depok,ss sambal jogja,ss sambal bintaro,sambal dabu dabu,sambal dadak,sambal dabu2,sambal dimsum,sambal daging,sambal daun jeruk,sambal durian    
Previous Post
First

Kami Pemasok Makanan Ringan, mulai dari berbagai macam keripik hingga Snack Camilan sehari - hari dengan Harga sangat Terjangkau. Bisa melayani Ecer maupun Grosir. Dijamin Amanah, Fast Service, Harga Termurah dengan Kualitas Jempolan

0 komentar: