Sabtu, 27 Juni 2020

Kerupuk Ikan khas Kalimantan, Amplang yang Renyah nan Gurih

harga amplang balikpapan,harga amplang banjarmasin,harga amplang bengalon,harga amplang bontang,harga amplang bonting balikpapan,harga amplang di balikpapan,harga amplang ikan meilan,harga amplang ikan tenggiri,harga amplang kalimantan,harga amplang ketapang,harga amplang kuku macan,harga amplang kuku macan balikpapan,harga amplang mawar sari,harga amplang meilan,harga amplang obic ketapang,harga amplang palangkaraya,harga amplang pontianak,harga amplang sampit,harga amplang sibayak,harga amplang tawau,harga amplang tenggiri,jual amplang,jual amplang balikpapan
Amplang Ikan Tengiri
Selesai traveling dari kota Balikpapan ataupun Samarinda, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang buah tangan yang satu ini. Yaitu Amplang, sejenis kerupuk dengan cita rasa dan aroma ikan yang khas pulau Kalimantan Timur. Makanan ringan ini memiliki cita rasa gurih dan juga seakan – akan menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang bertandang ke Kalimantan Timur. Buat kamu yang penasaran dengan oleh-oleh dari Kaltim yang satu ini, yuk terus ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Amplang memiliki citarasa yang sangat khas lantaran terbuat dari bumbu-bumbu dapur yang masih segar serta bahan utamanya adalah ikan segar hasil tangkapan di laut. Daging ikan yang telah digiling halus dicampurkan dengan tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan Tengiri karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Jadi, tidak mengherankan sekali ketika kamu melahap amplang ini, gigi terasa ingin terus mengunyah hingga kamu tak sadar telah menghabiskan beberapa toples amplang dalam sekali duduk. Tak hanya enak saat dimakan langsung, amplang juga dapat dijadikan sebagai lauk. Proses pembuatan kerupuk ikan (amplang) ini relatif sederhana, meskipun demikian sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya dapat menciptakan ciri khas tersendiri dari masing – masing produsen.

Untuk membuat amplang ini tidak begitu rumit. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling sampai halus. Langkah selanjutnya, daging yang telah halus diberi garam, rempah - rempah, serta air hingga rata. Kemudian, adonan tersebut dicampur  dengan tepung sagu sedikit demi sediki, serta diuleni hingga kalis. Adonan yang sudah kalis tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, dijemur agar dapat menjadi amplang yang bagus ketika digoreng.

Tahap terakhir adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk sesuai dengan selera dengan ketebalan sekitar 0,5 - 1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah  matang, angkat lalu tiriskan. Taraaa….. amplang sudah siap disantap juga dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama.

Seiring kemajuan teknologi, setiap produsen memiliki cara berinovasi sendiri dengan produk amplang buatannya. Di antaranya ada yang mengemas amplang dalam plastik aluminium foil yang membuatnya terlihat lebih elegan. Ada pula yang menambahkan bumbu tabor seperti : barbecue, ayam bawang, lada hitam, serta rasa-rasa lainnya. Apapun inovasinya, kerupuk ini memang layak menjadi suguhan favorit bagi rekan dan kerabat di kampung halaman.

BACA JUGA :
Ide Bisnis Camilan yang Berpotensi Untung Besar
Cara Membuat Keripik Usus Ayam yang Kriuknya Super Awet
Kerupuk Marizza, Beda Dari Kerupuk Lain...!

Saat ini, untuk dapat menikmati amplang khas Kalimantan ini tak usah jauh – jauh terbang ke pulau Kalimantan, karena di Sidoarjo juga telah ada, tepatnya di Sam’s Crispy. Kami juga menjual Amplang ikan tengiri khas Pulau Kalimantan dan siap melayani pengiriman ecer maupun grosir ke seluruh wilayah Indonesia.

Untuk info Pemesanan, langsung hubungi Admin kami di No. 0813-3097-9134 atau chat langsung dengan admin, tinggl klik DISINI.
agen amplang di pontianak kota pontianak kalimantan barat,amplang,amplang 1 kg,amplang 200g,amplang adalah,amplang adalah makanan khas daerah sejenis kerupuk yang terkenal dari daerah,amplang adalah makanan ringan berbahan dasar,amplang aneka balikpapan,amplang balikpapan,amplang bandeng,amplang batubara,amplang bengalon,amplang berasal dari,amplang berau,amplang bontang,amplang bontang balikpapan,amplang cara membuat,amplang cemilan khas,amplang dan kerupuk biasanya terbuat dari ikan,amplang dari mana,amplang di balikpapan,amplang di jakarta,amplang di semarang,amplang harga,amplang ikan,amplang ikan bandeng,amplang ikan gabus,amplang ikan patin,amplang ikan pipih,amplang ikan pipih balikpapan,amplang ikan pipih samarinda,amplang ikan tenggiri,amplang jakarta,amplang joy,amplang kalimantan,amplang kalimantan tengah,amplang keju,amplang ketapang,amplang khas kalimantan,amplang khas samarinda,amplang kotabaru,amplang kuku macan,amplang lampung,amplang lele,amplang makanan khas,amplang makassar,amplang malang,amplang merupakan camilan khas dari,amplang merupakan camilan khas dari daerah,amplang merupakan jenis jajanan yang berasal dari,amplang negeri sabah,amplang nusantara,amplang nusantara balikpapan
Previous Post
Next Post

Kami Pemasok Makanan Ringan, mulai dari berbagai macam keripik hingga Snack Camilan sehari - hari dengan Harga sangat Terjangkau. Bisa melayani Ecer maupun Grosir. Dijamin Amanah, Fast Service, Harga Termurah dengan Kualitas Jempolan

0 komentar: